Assalamu'alaikum......kula

Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 01 November 2010

hardware

FUNGSI PERANGKAT KERAS

A.File Server
Fungsi ini merupakan penggunaan paling umum dari sebuah server, dimana server digunakan sebagai pusat penyimpanan file dalam sebuah jaringan. Dengan sistem ini sistem file akan lebih terintegrasi sehingga memudahkan manajemen dan pencarian file. Sistem back up dan penyimpanan file juga dapat dilakukan dengan lebih baik. Windows 2000 Server memiliki fasilitas Distributed File System untuk memudah kan pengelolaan file dalam jaringan. Dengan sistem ini pengguna jaringan dapat dengan mudah menggunakan dan menyimpan file tanpa perlu mengetahui letak sebenarnya dari suatu file.

B.Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan
Network Interface Card (NIC) berfungsi sebagai Interface Fisik atau penghubung antar komputer menggunakan kabel jaringan ke peralatan penghubung. Card dipasang pada slot tambahan yang terdapat di masing-masing komputer. Setelah card terpasang, pasangkan kabel jaringan ke port yang terdapat pada NIC agar komputer yang satu dengan yang lain dapat terhubung secara fisik.

Tugas dari NIC adalah :
- Mempersiapkan data dari komputer agar dapat dikirim lewat ke media penghubung.
- Mengirim data ke komputer lain, yang terhubung ke jaringan.
- Mengontrol aliran data antar komputer dan sistem perkabelan

C.HUB

Hub adalah peripheral jaringan sebagai pusat konsentrator dari kabel, yang digunakan untuk menghubungkan segmen kabel agar dapat menjangkau jarak yang relatif jauh. Hub berfungsi untuk mengatur komunikasi data antar server dengan client dan juga untuk memperkuat sinyal. Secara fisik, sebuah hub mempunyai beberapa lubang biasa disebut dengan port di bagian belakangnya, seperti tampak pada gambar. Jumlah port pada sebuah hub bermacam-macam ada hub yang memiliki jumlah port 8,16,32 dan seterusnya. Device ini biasanya digunakan pada topologi start.



Fungsi dan karakteristik dari hub antara lain adalah:

• Menyambung segmen kabel jaringan komputer.
• Meneruskan sinyal bit dari satu segmen ke segmen lainnya.
• Hanya memiliki satu domain collision
• Dapat disusun secara hirarkis menggunakan hub backbone sebagai pusatnya
• Hub Memiliki beberapa tipe yaitu,
– Hub pasif
– Hub aktif
– Hub Inteligent

SWITCH

Switch berfungsi menggabungkan beberapa segmen atau kelompok LAN. Switch bekerja di layer 2 pada model referensi OSI. Device ini memiliki kemampuan lebih dibanding dengan repeater atau hub. Tidak hanya menghubungkan antar jaringan LAN tetapi juga mampu mengatasi masalah Collision yang di hadapi oleh device hub atau repeater.


D.BRIDGE
Fungsi bridge meneruskan paket dari satu segmen LAN ke segmen lain tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dibandingkan repeater. Format data yg digunakan adalah frame sebagaimana yg digunakan network interface Menggunakan CSMA/CD untuk mengakses suatu segment dan mengirim data.



E.ROUTER
Router bekerja di layer 3 (Network layer) dari model referensi OSI. Device ini lebih pintar dibanding dengan device lainnya. Tugas utama dari router adalah melewatkan data antar segment yang memiliki alamat network yang berbeda. Selain itu router juga memiliki kemampuan untuk mengelola colision domain seperti halnya device switch. Terdapat tambahan lagi, yakni dalam hal pengelolaan broadcast domain. Adapun yang dimaksud dengan broadcast domain adalah suatu kelompok jaringan komputer ketika terjadi pengiriman data yang dilkukan secara broadcast oleh sebuah komputer maka seluruh komputer yang terdapat dalam satu broadcast domain akan menerima dan memproses data tersebut hingga aplication layer.

F.MODEM
Modem untuk dapat bisa terhubung dengan internet, suatu jaringan membutuhkan peripheral yang disebut dengan modem ( modulator de modulator). Modem adalah sebuah rangkaian elektronik yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi analaog (modulasi), dan mengubah sinyal analog menjadi digital ( demodulasi), agar bisa ditransmisikan melalui saluran yang tersedia. Pada umumnya jalur transmisi mentransfer data dalam bentuk analog, sedangkan data yang dihasilkan oleh terminal sumber berbentuk digital. Data digital y ang sudah diubah menjadi analog oleh modem kemudian ditransmisikan lewat kabel dan diterima oleh modem kedua yang akan mengubah ke bentuk digital. Secara fisik perangkat modem debedakan menjadi dua, yaitu modem internal dan modem eksternal

1. Modem internal
Modem internal adalah modem dalam bentuk card yang dipasang pada salah satu slot ekspansi yang ada pada motherboard . Bentuknya seperti dibawah ini.
2. Modem Eksternal
Modem eksternal dipasang di pasang diluar perangkat komputer. Cara pemasangannya yaitu dengan menghubungkan pada salah satu port komunikasi yang ada pada computer.

Kamis, 21 Oktober 2010

FUNGSI MESIN PENCARI(SEARCH ENGINE) BESERTA PENGOPRASIANYA

Pengertian :

SEARCH ENGINE (MESIN PENCARI)
ada
lah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan suatu website, misalnya dalam sebuah server umum di web. Fungsi dari search engine atau mesin pencari sama dengan definisi dari mesin itu sendiri, yaitu membantu manusia untuk menemukan file-file atau informasi yang kita butuhkan. Saat ini telah banyak search engine yang tersedia, antara lain kita ambil contoh: http://www.yahoo.com/, http://www.google.com/, dll. Dalam memudahkan pencarian kita harus menuliskan kata kunci yang mendekati dengan informasi yang akan kita cari, yaitu pada kolom search.
Cara mencari Informasi berupa web :


Pertama-tama kita buka dahulu situs mesin pencari, misal www.google.com. Kemudian kita masukkan kata kunci pada kolom search. Pilih kategori yaitu web. kemudian pilih search. Setelah proses selesai, maka akan muncul list web yang berhubungan dengan kata kunci dan jika salah satunya adalah yang kita cari , maka dapat kita pilih.
Cara menyimpan informasi berupa web yaitu setelah kita memilih web tersebut dan web tersebut telah terdownload seluruhnya, maka kita dapat memilih options file yang ada pada pojok kanan atas, kemudian pilih save as. kemudian kita ketik nama untuk halaman tersebut, lalu pilih save as. Maka halaman tersebut secara otomatis akan tersimpan di komputer kita.


Cara mencari informasi berupa gambar :

Pertama-tama kita buka dahulu situs mesin pencari, misal www.google.com. Kemudian kita masukkan kata kunci pada kolom search. Pilih kategori yaitu gambar . Kemudian pilih search. Setelah proses selesai, maka akan muncul deretan gambar-gambar yang berhubungan dengan kata kunci dan jika salah satunya adalah yang kita cari , maka kita pilih.
Cara menyimpan informasi berupa gambar yaitu
setelah kita memilih gambar tersebut dan gambar tersebut telah terdownload seluruhnya, maka kita dapat memilih options file yang ada pada pojok kanan atas, kemudian pilih save as. kemudian kita ketik nama untuk gambar tersebut, lalu pilih save as. Maka gambar tersebut secara otomatis akan tersimpan di komputer kit

Internet berisi kumpulan informasi yang luas, yang tersebar di setiap bagian dunia pada remote web server. Masalah dalam menemukan informasi yang benar di internet mengarah pada penciptaan teknologi pencarian, yang dikenal sebagai mesin pencari internet. Sebuah mesin pencari dapat menyediakan link ke informasi yang relevan berdasarkan kebutuhan atau query Anda. Contoh mesin pencari internet populer adalah Google, Yahoo, MSN, Lycos dan Ask Jeeves. Dalam rangka memahami terminologi dan teknik untuk posisi halaman website Anda untuk peringkat lebih tinggi di search engine, pengetahuan tentang fungsi dasar mesin pencari sangat penting.
Fungsi Internet Search Engine
Sebuah mesin pencari adalah perangkat lunak komputer, yang terus dimodifikasi untuk memanfaatkan teknologi terbaru untuk memberikan hasil pencarian lebih baik. Masing-masing mesin pencari melakukan fungsi yang sama pengumpulan, pengorganisasian, hasil pengindeksan dan melayani dalam cara yang unik, sehingga menggunakan berbagai algoritma dan teknik, yang merupakan rahasia dagang mereka. Singkatnya, fungsi mesin pencari dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut:
1. Crawling internet untuk konten web.
2. Pengindeksan konten web.
3. Menyimpan isi website.
4. Algoritma pencarian dan hasil.
Crawling dan Spidering Web
Crawling adalah metode link berikut di web ke berbagai situs web, dan mengumpulkan isi dari website ini untuk penyimpanan di database mesin pencari. Crawling di internet dapat mulai dari awal (dimulai dengan situs web populer yang mengandung banyak link, seperti Yahoo) atau dari indeks yang lebih tua yang ada website. The crawler (juga dikenal sebagai web robot atau spider web) adalah sebuah program software yang dapat men-download konten web (halaman web, gambar, dokumen dan file lainnya), kemudian ikuti hyper-link dalam isi web ini untuk men-download isi yang terhubung . Isi yang terhubung dapat di situs yang sama atau pada situs web yang berbeda. sampai menemukan logis berhenti, seperti jalan buntu tanpa eksternal link atau mencapai jumlah menetapkan tingkat dalam struktur link website. Jika sebuah situs web yang tidak di-link dari situs-situs lain di internet, crawler tidak akan mampu menemukan itu. Oleh karena itu, jika situs web baru, dan tidak memiliki link dari situs lain, situs web tersebut harus diserahkan kepada masing-masing mesin pencari untuk Crawling.
Efisiensi Crawling membuat beberapa situs Web pada saat yang sama, sehingga untuk mengumpulkan miliaran isi website sesering mungkin. Berita dan situs media yang Crawling lebih sering (setiap jam atau lebih) oleh lanjutan mesin pencari seperti Google, agar dapat memberikan berita terbaru dan konten dalam hasil pencarian mereka. Para penjelajah juga tidak banjir satu situs Web dengan volume tinggi permintaan pada saat yang sama, tetapi menyebar, Crawling selama periode waktu itu sehingga situs web tidak akan crash. Biasanya mesin pencari hanya Crawling beberapa (tiga atau empat) level dari homepage dari sebuah website. Crawling dalam istilah lain digunakan untuk menunjukkan bahwa crawler atau spider dapat mengindeks halaman yang banyak level. Google adalah contoh crawler yang mendalam.Crawlers atau web robot mengikuti pedoman yang ditetapkan bagi mereka oleh pemilik situs menggunakan protokol pengecualian robot (robots.txt). Robots.txt akan menentukan file atau folder yang pemiliknya tidak ingin meng-index penjelajah di database-nya. Banyak mesin pencari tidak suka URL yang tidak bersahabat, seperti yang dihasilkan oleh database driven website. Situs ini berisi parameter URL setelah tanda tanya (seperti http://somedomain.com/article.php?cat=1&id=3). Mesin pencari tidak menyukai URL tersebut karena situs web bisa mengalahkan penjelajah dengan menggunakan parameter untuk menghasilkan ribuan halaman web baru untuk mengindeks dengan isi yang serupa. Jadi, crawler sering mengabaikan perubahan dalam parameter sebagai bagian dari URL baru untuk spider.
Sumber: http://inconcept.wordpress.com/2010/01/13/internet-search-engine/

PENGERTIAN CDMA DAN GSM

Apa itu CDMA dan GSM
Apa itu CDMA dan GSM? Banyak yang tidak tahu soal hal ini, padahal kita juga sering mendengar hal ini, tapi mengapa sudah mengenal CDMA dan GSM, tapi waktu ditanya apa itu CDMA, GSM dan kepanjangannya apa? kok jawabannya CDMA ya CDMA, GSM ya GSM. cukup singkat dan jelas. :D
Kali ini saya mencoba untuk memberikan sedikit tentang pengertian CDMA dan GSM. Bukannya saya sok tau ya :), tapi disini saya hanya mencoba untuk memberikan sedikit pengertian tentang CDMA dan GSM tersebut, bagi sudah tau soal hal ini silahkan abaikan rtikel ini :p

CDMA kepanjangan dari Code division multiple access
Lha pengertian dari CDMA sendiri adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.
GSM kepanjangan dari Global System for Mobile Communication
Adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam (Handphone). Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN TOPOLOGI

Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini.

1) Topologi bintang

Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.* Kelebihan
• Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
• Tingkat keamanan termasuk tinggi.
• Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
• Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.

* Kekurangan
• Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.

* Penanganan
• Perlunya disiapkan node tengah cadangan.

2) Topologi cincin

Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

3) Topologi bus

Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Sedangkan kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

Topologi linear bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node.)

4) Topologi mesh

Topologi jala atau Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).
* Kelebihan

• Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
• Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
• Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
• Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

* Kekurangan

• Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).
• Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini * Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
• Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.
Berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, topologi mesh biasanya diimplementasikan pada komputer-komputer utama dimana masing-masing komputer utama tersebut membentuk jaringan tersendiri dengan topologi yang berbeda (hybrid network).

5) Topologi pohon

Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .

Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar